A. PENDAHULUAN
Usia muda adalah Usia di mana keadaan fisik masih prima, Semangat masih membara , Pikiran yang fresh. Inilah kesempatan emas yang seharusnya di gunakan oleh para pemuda Islam untuk beramal ma’ruf nahi munkar serta mengambil peran dalam penegakan dienul Islam. Seperti dalam hadist berikut
Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ : شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ وَ صِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ وَ غِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ وَ فَرَاغَكَ قَبْلَ شَغْلِكَ وَ حَيَاتَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ
“Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara :
[1] Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu,
[2] Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu,
[3] Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu,
[4] Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu,
[5] Hidupmu sebelum datang kematianmu.”
(HR. Al Hakim dalam Al Mustadroknya, dikatakan oleh Adz Dzahabiy dalam At Talkhish berdasarkan syarat Bukhari-Muslim. Hadits ini dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shogir)
Jadi apabila kita tidak memanfaat waktu muda kita dengan selalu bertakwa kepada Allah swt dan menegakkan dien-NYA, maka termasuk orang yang telah merugi seperti yang di firmankan Allah Ta’ala,”Demi waktu, sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan saling nasehat-menasehati dalam menatapi kebenaran dan nasehat-menasehati dalam menetapi kesabaran” [Q.S. AI Ashr: (103): 1-3].

B. PEMBAHASAN
Pemuda Islam yang ideal adalah pemuda yang bertakwa Kepada yang Allah Ta’ala dan berperan serta dalam penegakan Dienul Islam atau Pemuda yang setiap menjalani setiap aktifitas dalam kehidupan niatannya hanya karena Ibadah Kepada Allah Swt seperti yang di telah di perintahkan Allah swt dalam Al-Qur’an dan yang telah di Sunnahkan Rosulnya.
Untuk Menjadi seorang pemuda muslim yang ideal tentu harus mempunyai sifat – sifat dasar,seperti ;
1. memiliki aqidah yang benar. Inti dari aqidah adalah tauhid yaitu mengesakan Allah SWT. Hanya menyembah kepada Allah dan tidak menyekutukan Allah dan menyerahkan diri sepenuhnya hanya kepada Allah.
2. Kedua, memiliki ilmu dan tsaqafah islam. Selalu haus akan ilmu pengetahuan dan mengamalkannya.
3. Ketiga, mempunyai keterampilan dalam berbagai hal untuk dimanfaatkan dalam kebaikan dan kebenaran untuk kemajuan diri sendiri, maupun orang lain.
Selain ketiga sifat di atas para pemuda haruslah mengembangkan segala potensi yang di milikinya.untuk mengembangkan segala potensi yang di milikinya.hal – hal yang dapat mengimbangi itu adalah
1. Belajar dengan tekun dan janganlah putus asa apabila gagal dalam mencapai tujuan.
2. Berusaha, itulah modal kita untuk mencapai prestasi yang baik. Tanpa usaha dan niat, kita tidak akan pernah biasa menggapai sesuatu dengan baik.
3. Bertawakal, di samping kita berusaha harus di imbangi dengan tawakal kepada allah. Kita serahkan semuanya kepada allah. Apabila kita telah berusaha dan bertawakal, tentunya apa yang kita inginkan insya allah tercapai.
4. Berperilaku sportif atau tidak curang. Maksudnya, kita tidak boleh berbuat curang (seperti menyogok dosen dalam hal menggapai prestasi). Kebanyakan zaman sekarang hal ini sering terjadi. Sehingga para pemuda di zaman sekarang banyak mengandalkan uang sebagai hal menggapai prestasi.
Selain hal – hal di atas yang harus diperhatikan, maka pemuda muslim yang ideal haruslah dapat memanfaatkan setiap waktu dengan baik serta dapat mengambil keputusan dengan cermat, teliti dan bijaksana.
Apabila segala hal yang diungkapkan sudah dimiliki para pemuda islam,maka telah lahir para penerus generasi penegak dienul islam.
Tentunya untuk mengatakan seorang pemuda muslim itu sudah dapat menjadi seorang pemuda yang dapat di harapkan untuk menjadi penerus generasi penegak dienul islam mempunyai beberapa parameter, sebagai berikut ;
1. Mempunyai keterikatan pada Ilahi. Di dalamnya terhujam rasa cinta yang membara kepada Allah dan melangkahkan kaki sesuai dengan kehendak Allah, sebagai kekasihnya. (QS. 6: 162 dan QS. 3: 31).
2. Memiliki keberanian untuk berjihad dengan harta dan jiwa demi tegaknya kalimatullah. (QS. 9: 41).
3. Berserah diri secara total (kafah) kepada Allah dengan harapan mendapat petunjuk dan keridhoan-Nya. (QS. 2: 128).
4. Memberikan penghormatan kepada kedua orang tuanya sebagai salah satu alternatif untuk mendapatkan keridhoan Allah. (QS. 17: 23-24 dan QS. 31: 14)
5. Membina diri untuk selalu menegakkan sholat, berakhlak bijaksana dalam da’wah serta memiliki kesabaran dalam menghadapi cobaan. Dan rendah hati, tidak takabbur, dan tidak ingin pujian serta membantu orang yang lemah dengan harapan mendapat cinta Allah. (QS. 31: 17).
6. Gandrung akan ilmu pengetahuan, peka terhadap lingkungan, banyak berdzikir dan pandai membaca situasi dan kondisi yang berkembang. (QS. 39:91).
7. Memiliki perkataan dan tingkah laku yang lemah lembut, sangat kuat pendiriannya terhadap kebenaran, bagaikan bangunan yang berdiri kokoh, sehingga ia tidak takut dan berduka cita. (QS. 46: 13-14).

8. Gemar membaca Alquran dan menjadikannya sebagai sistem kehidupan. Dengan Alquran ia dapat membedakan antara haq dan bathil, cara berpikir dan bertindaknya didasari pada Alquran dan Sunah Nabi. Ia berusaha untuk menjadi Quran yang hidup dan ia tidak suka kalau hanya bicara tanpa beramal, karena Allah memang tidak suka pada yang demikian. (QS. 2: 44 dan QS 61: 2-3).
Apabila semua parameter diatas sudah di miliki oleh seorang pemuda islam, maka tidak dipungkiri lagi bahwa dia akan menjadi seorang yang bahagia Dunia dan Akherat, Insya Allah!!!.juga Dienul Islam mulai berdiri tegak seperti pada jaman Rasulullah Saw mulai dari tanggannya.

C. PENUTUP
Dari pembahasan di atas maka tidak sudah jelas untuk menjadi seorang pemuda muslim yang Ideal itu tidaklah semudah membalikkan tanggan, karena banyak godaan yang baik secara intern maupun ekstern. Tapi semua itu Insya Allah akan dapat teratasi apabila kita selalu berserah diri kepada Allah Ta’ala.Akhirnya Hamazah untuk Berfastabiqul Khairat di masa muda.
Islam Is The Best
Islam Never Die
Allahuakbar.

Referensi :
http://bankganteng.blogspot.com/2010/11/profil-dan-ciri-ciri-pemuda-muslim-yang.html
http://iyan-genius.blogspot.com/2010/10/melejitkan-potensi-pemuda-muslim-untuk.html
http://www.gagasmedia.com/opini/penulis/pemuda-dambaan-ummat.html